Semoga blog ini dapat membuka cakrawala dan menambah ilmu para pembaca tentang informasi unik yang ada di dunia, Selamat membaca.. :)

Kamis, 23 Juni 2011

Light Field Camera: jepret dulu, fokus menyusul

Masalah yang sering dihadapi photografer atau yang sering moto?? Salah satunya adalah "Out of Focus" yaitu salah fokus sehingga subjek yang kita inginkan terlihat tidak jelas (blur). Itu artinya anda kehilangan sebuah moment penting bukan??
Berita baiknya, akan ada kamera yang disebut dengan LIGHT FIELD CAMERA dari Lytro yaitu sebuah kamera yang punya sebuah moto "jepret dulu, fokus belakangan" (Shoot now, Focus Later). Nah loh!!!


Dengan Light Field Camera dan bantuan software di dalamnya, memungkinkan kita mengambil foto tanpa memperdulikan titik fokus karena titik fokus nantinya bisa ditentukan belakangan melalui bantuan software yang ada di kamera.
Contohnya, kita ambil foto bunga dan orang, dengan kamera ini nantinya kita bisa menentukan mana yang mau difokuskan, orang atau bunganya dan ini tidak bisa dilakukan di kamera yang ada saat ini.
Teknologi Light Field Camera memang berbeda karena kamera ini akan mengambil/ merekam seluruh bagian yang kita foto sehingga memungkinkan kita untuk meng-edit titik fokus belakangan, berbeda dengan kamera yang ada saat ini, kamera hanya merekam bagian yang ada di titik fokus.
Kemampuan kamera dan software yang ada juga memungkinkan kita untuk membuat foto 2D menjadi 3D.
Ini pasti yang ditunggu oleh siapapun yang suka moto, hanya saja dari keterangan yang ada di website bahwa kamera ini membutuhkan hadware dan software yang canggih, sepertinya harganya tidak cocok untuk banyak orang (alias mahal). Semoga saja kami salah!! :-)

Sumber berita
Lytro: The Camera That Lets You Shoot Now, Focus Later

Tidak ada komentar:

Posting Komentar